Ada Yang Tahu Asal Usul Danau Toba

shares

Asal Usul Danau Toba
Tahu Gak sih - Siapa yang gak tahu dengan Danau Toba? Hayoo, Danau yang memiliki pulau di tengahnya,Di Pulau Samosir! Ada yang bingung, mengapa Danau Toba ada pulaunya di tengah? Bagaimana ada pulau di tengah Danau Toba? Dari pada bingung, simak yuk ulasan berikut ini!

Menurut legenda, di Pulau Samosir ada sebuah desa yang asri, hidup lah seorang pengangguran. Di suatu siang yang panas, pemuda itu tidak tahu mau ngapain, akhirnya, ia memilih untuk memancing di sebuah telaga. Ia menunggu hingga sore, akhirnya, kail nya tertarik sesuatu, cepat-cepat ia menarik batang pancing dari kayu tersebut. Ternyata, ia mendapatkan ikan emas, tiba-tiba, ikan emas itu berbicara :

"Wahai pemuda, jangan kau bunuh aku, simpan sajaaku di empang kecil dekat engkau tinggal, dan jangan melihatku saat malam hari!" ujar si ikan emas itu".

Sang pemuda itu ketakutan, ia menaruh ikan emas tersebut di empang kecilnya. Pada malam hari, si pemuda itu tidak bisa tidur karena memikirkan perintah ikan emas (jangan melihatku saat malam hari!)... Akhirnya ia memberanikan diri untuk melihat ikan emas itu, ia mengambil sedikit api dari perapian dan menjadikannya obor. Ia menongolkan kepala nya sambari mencari ikan emas, lalu di belakang pemuda itu, muncul lah seorang gadis cantik nan anggun.

"Siapa kau?" tanya sang pemuda
"Aku adalah ikan emas itu! Jadikan aku istri mu, apakah kau sanggup?"
"Aku sanggup!"
"Tapi ada syaratnya!"
"Katakan syarat itu, aku akan melakukannya." ujar sang pemuda !
"Jangan pernah membicarakan soal asal usul ku, jika kau melakukannya, maka kebahagiaan mu akan hilang."
"Baiklah, aku berjanji!"

Baca juga: Kenapa air asing berwarna Biru

Seminggu kemudian, pemuda dan sang gadis ikan emas itu menikah layaknya pernikahan normal, mereka menjalani hidup baru, beberapa tahun kemudian, sang gadis hamil, dan akhirnya melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Sam. Sam tumbuh dengan kasih sayang, namun Sam beranjak menjadi anak yang nakal.

Pemuda itu telah menjadi petani yang sukses! Mempunyai rumah, serta ternak. Pada suatu siang, Sam diminta gadis ikan emas untuk mengantar makan siang pada sang ayahnya. Di jalan, Sam malah menghabiskan makanan yang berisi nasi putih, ikan, dan sayur kangkung. Saat sampai di sawah, Sam dimarahi ayahnya.

"Anak nakal tidak tahu diri!!! Memang anak ikan seperti ini!!! Tidak tau apa-apa!" bentak sang ayah.

Sam lari kembali ke rumah dan mengadu pada ibunda nya, sang gadis ikan emas marah. Ia menyuruh Sam mendaki gunung sampai puncaknya, dan seketika itu juga, terjadi hujan lebat, angin kuat menghancurkan ternak, rumah serta sawah sang pemuda, hujan lebat memenuhi sekeliling pulau Samosir.

Dan konon, setiap bulan purnama, di puncak gunung Pulau Samosir, gadis ikan emas itu mencari anaknya.

sumber pulsk.com

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment