Menakjubkan!!!, Ayam Ini Dapat Hidup Selama 18 Bulan Setelah Kepalanya Dipenggal

shares |

mike ayam tanpa kepala
Mike ayam yang dapat bertahan hidup tanpa kepala selama 18 bulan

taskresek.com. Lazimnya, ayam tidak akan bertahan hidup jika tidak memiliki kepala. Namun ada kejadian aneh tapi nyata, seekor ayam yang bernama Mike dapat bertahan hidup selama 18 bulan setelah kepalanya dipenggal. Hal ini tentu saja menjadi kejadian yang sangat langka sekaligus membuktikan bahwa apapun dapat terjadi jika Tuhan menghendakinya. Bagaimana kisahnya? Mari kita simak informasi kisahnya.

Awal Kisah Mike si Ayam Tanpa Kepala

Awal mula kisah menakjubkan ini terjadi pada tahun 1945 di Colorado, Amerika Serikat. Pada tanggal 10 September 1945, seorang petani bernama Lloyd Olsen bersama istrinya sedang melakukan penyembelihan terhadap ayam – ayam dari peternakannya. Dari sekitar 50 ekor ayam yang ia sembelih, terdapat seekor ayam yang setelah dipenggal kepalanya tidak mati, namun malah berlari. Mengetahui hal tersebut, Olsen memutuskan untuk menyimpan ayam tersebut di sebuah kotak apel bekas miliknya. Ajaibnya, keesokan harinya ayam tersebut masih hidup.  

Kepopuleran Mike, Ayam Tanpa Kepala

Karena ayam kelak dijuluki dengan nama Mike itu tidak mati walaupun tanpa kepala, Olsen kemudian membawa Mike ke pasa daging dengan niat awal untuk dijual. Namun, Olsen kemudian malah mengajak orang lain untuk bertaruh dengan bir atau barang lain dengan taruhan bahwa Olsen memiliki ayam tanpa kepala yang masih hidup.
Kabar ayam tanpa kelapa yang dimiliki oleh Olsen ini dengan cepat menyebar ke sekitar Fruita, dimana Olsen tinggal. Bahkan, Olsen diwawancarai oleh reporter koran lokal mengenai hal tersebut. Sampai pada suatu hari datanglah seorang yang bernama Hope Wade yang merupakan promotor pertunjukan yang berasal dari Salt Lake City. Wade mengajukan permintaan kepada Olsen untuk mengajak ayam tanpa kepalanya tampil dalam arena pertunjukan yang dipromotorinya dengan tujuan tidak lain adalah uang. Llioyd Olsen pun kemudian mengiyakan permintaan tersebut.
Kepopuleran Mike tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menganggap hal tersebut adalah rekayasa belaka. Untuk menepis tudingan tersebut, Olsen membawa ayamnya ke Salt Lake City dan Universitas Utah untuk membuktikan bahwa kejadian tersebut adalah nyata dan bukan rekayasa.

Cara Makan Mike Si Ayam Tanpa Kepala

Karena Mike tidak memiliki kepala, tentu saja dia tidak bias makan layaknya ayam normal lainnya. Mike mendapat penanganan khusus agar dapat bertahan hidup. Untuk makanannya, Olsen memberi Mike makan dengan makanan yang telah dicairkan kemudian di suapkan dengan menggunakan alat semprot langsung melalui tenggorokan. Selain itu, tenggorokan Mike juga dibersihkan dari lender dengan menggunakan alat suntik.

Akhir Hidup Mike, Ayam Ajaib Tanpa Kepala

Setelah melewati serangkaian tur, Mike dibawa oleh Olsen ke Phonix, Arizona. Pada musim semi tahun 1947, terjadilah hal yang tidak diharapkan oleh Olsen. Pada suatu malam, Olsen terbangun karena mendengar suara burung tercekik. Saat diperiksa, ternyata suara tersebut merupakan suara Mike. Kemudian Olsen mencari alat suntuk dengan maksud untuk melakukan usaha penyelamatan kepada Mike, namun takdir berkata lain. Mike sudah mati sebelum Olsen mendapatkan alat suntik tersebut. Mike si ayam ajaib akhirnya mati setelah 18 bulan bertahan hidup tanpa kepala.

Yang Terjadi Secara Ilmiah Saat Kepala Ayam Terpotong

Fenomena Mike ini tentu saja merupakan kejadian yang luar biasa dan bias dibilang tidak masuk akal. Namun apa sih yang terjadi saat kepala ayam dipotong? Berikut ini gambarannya :
  • Saat kepala ayam terpisah dari badannya, otak juga akan terpisah dari tubuh ayam, akan tetapi sumsum tulang belakang ayam masih mendapat oksigen dalam jangka pendek;
  • Tanpa adanya otak, sirkuit pada sumsum tulang belakang akan bertindak spontan. “Sel urat syaraf mulai aktif, kaki-kaki mulai bergerak”, kata Dr Tom Smulders dari Universitas Newcastle sebagaimana dikutip dari bbc.com;
  • Pada umumnya, ayam aakan roboh pada saat hal ini terjadi, namun pada kejadian tertentu yang jarang, hal tersebut dapat memicu gerakan berlari;
  • Gerakan berlari tersebut dapat bertahan untuk beberapa waktu, namun hanya berkisar 15 menit atau lebih, tetapi tidak 18 bulan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment