Tahu Gak ! Mengapa Bisa Terjadi Hujan ???

shares |

Hai semua, musim kemarau akan segera berakhir nih guys... dan di akhir tahun biasa nya Indonesia akan sering turun hujan. Ada yang tahu mengapa bisa terjadi hujan ??

Sebelum di jawab yuk kita cari tahu apa itu hujan ? Hujan merupakan peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi. Hujan juga termasuk siklus air di bumi.

Mengapa Bisa Terjadi Hujan

Proses terjadi turunnya hujan dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • Mula - mula sinar matahari menyinari bumi, lalu energi sinar matahari ini mengakibatkan terjadinya evaporasi atau penguapan di samudra, lautan, danau, sungai, dan sumber - sumber air lainnya.
  • Kemudian Uap - uap air yang naik ini pada ketinggian tertentu akan mengalami kondensasi. Peristiwa kondensasi ini diakibatkan oleh suhu disekitar uap air lebih rendah daripada titik embun uap air.
  • Uap - uap air ini kemudian akan membentuk awan. Selanjutnya, angin (yang terjadi karena perbedaan tekanan udara) akan membawa butir - butir air ini.
  • Butir - butir air inilah yang akan menggabungkan diri (proses ini dinamakan koalensi) dan semakin membesar akibat turbelensi udara, butir - butir air ini akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga akan jatuh ke permukaan bumi.
  • Saat jatuh ke permukaan bumi, butir - butir air akan melewati lapisan yang lebih hangat di di bawahnya sehingga butir - butir air sebagian kecil menguap lagi ke atas dan sebagian lainnya jatuh ke permukaan bumi dan inilah yang disebut sebagai hujan.
Proses terjadinya hujan

Sedangkan Untuk Siklus Air Berikut Penjelasannya :
  • Hujan atau butir - butir air yang jatuh ke permukaan bumi sebagian akan diserap oleh tumbuhan dan sebagian lagi akan mengalir menuju ke sungai dan akhirnya menuju ke laut.
  • Air yang diserap oleh tumbuhan akan membentuk sungai bawah tanah yang pada akhirnya akan keluar ke permukaan bumi sebagai mata air.
  • Air dari samudra, lautan, danau, sungai, dan sumber air lainnya akan mengalami proses evaporasi setelah disinari sinar matahari dan terjadilah siklus air.
Gimana guys udah pada tahu kan, gimana bisa terjadi hujan. Kalo belum jelas silahkan posting pertanyaan nya pada komentar di bawah.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment